Selasa, 11 Desember 2018

FUNGSI-FUNGSI PROTOKOL JARINGAN KOMPUTER


·   Fungsi – fungsi ICMP :                                                                                     

A.    Membantu proses error handling / melaporkan apabila terjadi error pada sebuah jaringan.

B.     Membantu control procedure atau prosedur pengaturan pada sebuah jaringan.

C.     Menyediakan pengendalian error dan pengendalian arus pada network layer atau lapisan jaringan.

·                   Fungsi utama dari POP3 ini adalah untuk menyimpan sementara email yang terkirim di dalam sebuah email server, dan kemudian meneruskannya ke dalam email client, dimana baru akan terespon ketika email tersebut sudah dibuka oleh user yang berhak (dalam hal ni adalah mereka yang memegang username dan juga password dari alamat email). 

·                  Fungsi utama Simple Mail Transfer Protocol atau SMTP digunakan untuk berkomunikasi dengan server guna mengirimkan email dari lokal email ke server, sebelum akhirnya dikirimkan ke server email penerima. Proses ini dikontrol dengan Mail Transfer Agent (MTA) yang ada dalam server email Anda.

·         Fungsi-fungsi FTP :                                                                                                

A.    Kita dapat melakukan pertukaran file antar komputer dengan mudah, walaupun file tersebut memiliki ukuran yang besar.

B.     Bagi pemilik website, dengan adanya FTP, mereka dapat melakukan backup website mereka dengan mudah.

C.     Kita dapat melakukan indirect maupun implicit remote computer.

D.    Progress perpindahan data tidak akan hilang walaupun sambungan terputus.

E.     Transer data/file dapat dilakukan dengan mudah dan terorganisir.

·                Fungsi ARP adalah Melakukan transfer file antara komputer yang terhubung melalui jaringan, termasuk internet. Dalam bahasa teknis, FTP dikenal sebagai protokol jaringan yang memungkinkan transfer file antara komputer yang tersambung pada TCP/IP yang berbasis jaringan. Hal ini mencangkup serangkaian peraturan dan prosedur untuk transfer data digital yang aman. FTP juga berfungsi untuk mempermudah dalam pembagian file-file., mempercepat secara tidak langsung atau implicyt menggunakan komputer remote, melindungi user dari berbagai file storage system antar host.

·         Kelebihan dan kekurangan Ipv4 dan Ipv6 :

A.    Pv4 Panjang alamat 32 bit.

B.     IPv6 Panjang alamat 128 bit.

C.     Konfigurasi secara manual atau DHCP Bisa menggunakan address autoconfiguration.

D.    Dukungan terhadap IPsec Opsional Dukungan terhadap IPsec Dibutuhkan Checksum termasuk pada Header.

E.     Kelebihan-kelebihan menggunakan IPv6 ;IPv6 merupakan solusi bagi keterbatasan alamat IPv4 (32 bit), IPv6 dengan 128 bit memungkinkan pengalamatan yang lebih banyak, yang memungkinkan IP-nisasi berbagai perangkat (PDA, handphone, perangkat rumah tangga, perlengkapan otomotif).Aspek keamanan dan kualitas layanan (QoS) yang telah terintegrasi.Desain autokonfigurasi IPv6 dan strukturnyayang berhirarki memungkinkan dukungan terhadap komunikasi bergerak tanpa memutuskan komunikasi end-to-end.IPv6 memungkinkan komunikasi peer-to-peer tanpa melalui NAT, sehingga memudahkan proses kolaborasi / komunikasi end-to-end: manusia ke manusia, mesin ke mesin, manusia ke mesin dan sebaliknya. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar